X-43 Pesawat Tanpa Awak Tercepat di Dunia

 
Banyak ragam jenis pesawat dari mulai yang konvensional sampai pesawat tercanggih.Namun kecanggihan itu adalah relatif dan akan terus berubah-ubah sesuai dengan tekhnologi yang ada.Nah,taukah anda apa sih pesawat tercepat di dunia saat ini?Pasti banyak diantara kalian yang belum mengetahui.Beberapa waktu yang lalu perusaahaan penerbangan Amerika NASA mengembangkan pesawat dengan kecepatan Hipersonik yang dinamakan X-43.X-43 bukanlah pesawat biasa yang dikendalikan dengan pilot melainkan hanya dikemudikan dengan menggunakan remote dari jarak jauh.
X-43 merupakan pesawat tanpa awak tercepat di dunia sekaligus menjadi benda terbang tecepat di bumi ini. X-43 merupakan sebuah pesawat eksperimen hipersonik tanpa awak (unmanned experimental hypersonic aircraft) yang dirancang dengan banyak variasi skala dimaksudkan untuk mengetes aspek yang beragam dalam penerbangan supersonic. Ini merupakan bagian dari program NASA Hyper-X.

NASA X-43 mencetak rekornya pada 16 November 2004 dengan mencapai kecepatan 12144 km/jam (Mach 9,8) pada ketinggian 13157 meter. Cara penerbangannya, Roket Pegasus yang membawa X-43 diluncurkan dari pesawat Boeing B-52. Setelah mencapai ketinggian yang diinginkan, roket ini dibuang, selanjutnya X-43 melaju dengan mesinnya sendiri yaitu mesin Scramjet.
Spesifikasi X-43 :

  • Berat (weight) = 1300 kg
  • Panjang (length) = 3,7 meter
  • Top speed = 12144 km/h (Mach 9,8)
  • Awak (crew) = 0

Nah,bagaimana kelanjutan dari misi pengembangan pesawat tanpa awak X-43?Apakah nantinya bisa berguna untuk kehidupan manusia atau bahkan bisa digunakan sebagai pesawat komersial?Kita tunggu saja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s