Cara Merubah Tampilan Blog seperti Web Profesional

Pertama: Ganti Domainnya.

Anda tentu sudah paham apa itu domain, yaitu kata terakhir yang terdapat pada alamat (URL) blog anda. Asal blog anda menggunakan blogger.com, maka domainnya adalah: blogspot.com. Nah itulah ciri pertamanya. Asal anda tahu, URL blog ini dulunya adalah: http://www.blogernas.blogspot.com. Selain panjang, jujur saja yang kurang sreg dengan tulisan blogspot.com di belakangya. Akhirnya saya ganti dengan domain blog ini menjadi co.cc. Dan itu gratis. Maka jadilah alamat blog ini: http://www.blogernas.co.cc.

Kedua: Ganti Template.

Ini merupakan pandangan pertama yang sangat menetukan. Jika tampilan blog anda kacangan, besar kemungkinan tidak hanya pengunjung yang tidak betah dan tidak ingin kembali, tapi anda sendiri juga sudah “mual” setiap membukanya. Apalagi jika template yang anda gunakan masih tamplate bawaan blogspot yang masih “perawan”.

Nah, jika ingin tampilan blog anda tampak tidak seperti blog, tapi seperti web professional, maka ada 2 cara yang bisa anda lakukan:

1. Tetap menggunakan template bawaan blogger.com, tapi anda lakukan purubahan di sana sini. Mulai dari header, sidebar, footer dan halaman postingan.
2. Dengan menggunakan template pihak ketiga. Anda tinggal mencari situs penyedia template gratis kemudian anda pilih model tampilan yang anda inginkan lalu downloadlah template tersebut.
3. Kombinasi dari kedua hal di atas. Meskipun templatenya anda download dari pihak ketiga, namun pada bagian tertentu tetap anda modifikasi agar lebih sesuai dengan selera anda, seperti yang saya lakukan terhadap blog ini.

Ketiga: Hilangkan Navbar Bawaan Blogger.com.

Apa itu navbar? Inilah contoh gambarnya:

Nah, sebagus apapun tampilan blog anda, tapi selagi ada navbar bawaan ini, maka sudah bisa ditebak blog anda menggunakan blogger.com. Dan karena tampilan navbar inilah yang membuat saya hampir minggat menggunakan blogger.com. Tapi rupanya itu bisa dihilangkan.

Keempat: Rubah Logo Favicon Bloggernya.

Favicon adalah singkatan dari favorit icon. Inilah contoh gambarnya:

Cara Mengganti Icon  Blogspot

Nah, meskipun kecil, siapa saja yang sudah biasa blogging akan tahu bahwa jika ada icon ini di tabulasi browser, maka blog anda dibuat menggunakan blogger.com. Karena icon inilah yang menjadi ciri khasnya. Termasuk bagian ini, juga dulunya membuat saya hampir minggat dari blogger.com. Tapi untunglah, rupanya icon itu juga bisa diganti.

Kelima: Lihat Profil Lengkapku.

Jika widget ini sudah terpasang di sidebar blog anda, biasanya akan tampil foto anda dan tulisan “Lihat Profil Lengkapku.” Ini juga merupakan ciri khas dari tampilan blogger.com. Nah jika anda juga ingin mengilangkan jejak yang satu ini, maka anda bisa langsung menghapus tulisan tersebut.

Nah, lebih kurang itulah beberapa hal mendasar yang bisa anda lakukan untuk menyulap tampilan blog anda tidak lagi seperti blog pasaran, tapi sudah berubah menjadi seperti web profesional.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s